Kamis, 20 Februari 2014

MELAKUKAN DIAGNOSIS JARINGAN KOMPUTER


MELAKUKAN DIAGNOSIS JARINGAN KOMPUTER
Hal selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah memeriksakeseluruhan alat atau perangkathardwareyang telah terpasang dicomputer apakah berfungsi dengan baik. Langkah ini sangat diperlukanagar kita langsung mendeteksi apabila terdapat perangkat yang rusak

Pemasangan Konektor Kabel di Uji Kebenarannya.
CABLE TESTEL
Alat yang ditunjukan di atas digunakan untuk menguji UTP yangtelah Anda buat, Anda tinggal memasukan kedua ujung kabel ke alattersebut dan apabila ada lampu yang tidak menyala maka Anda kurangkencang memasukan kabel ke dalam konektor RJ-45. Apabila itu terjadimaka Anda perlu membuat UTP lagi di ujung kabel yang tidak menyalalampunya tersebut.Pemasangan Hub/Switch di Uji Koneksinya.Figure 5 Hub/Switch.
Untuk mendeteksi apabila ada kesalahan atau tidak pada Hub atauSwitch sangat mudah. Apabila Anda telah mengetahui bahwa UTP yangtelah Anda buat telah berfungsi dengan baik, setelah dilakukan uji dengancable tester. Tetapi Anda menemukan setelah memasukan kedua ujungUTP ke masing-masing  port  yang terdapat pada NIC danHUB/Switch DanAnda menemukan lampu pada Hub tidak menyala sedangkan pada NICmenyala. Maka Anda perlu mempertanyakan kualitasHub/Switchyanganda miliki. Dan Anda perlu menggantiHub/Switchyang rusak tersebutdengan yang baru.

Pemasangan Card Ethernet Dideteksi dengan Baik.

Untuk mengetahui apakah kartu jaringan atau NIC yang telah kitapasang telah terdeteksi oleh Windows, ikuti langkah berikut:
1.Klik kanan padaMy Computer 
2.PilihPropertie
3.PilihTab Hardware
4.Klik padaDevice Manager 
5.KlikNetwork Adapters di sana anda akan menemukan kartu NIC yangtelah terinstal.6.Lalu Anda klik kanan pada NIC yang telah terinstal itu dan pilihproperties.
7.Lalu pada Devicestatus akan terlihat informasi yang menunjukan statusdari NIC tersebut.

Instalasi Driver Perangkat Keras JaringanDapat Berjalan denganBenar.

Setelah Anda menginstal driver jaringan padacomputer tugas Andabelum selesai sampai di situ. Anda harus melakukan pengecekan untukmengetahui apakah terjadi kerusakan padaSoftwareyang telah andainstall. Tetapi biasanya hal ini jarang sekali terjadi. Ketika Anda melakukaninstalasi driver untuk pertama kalinya dan berjalan dengan lancer, makabisa dipastikan driver yang anda install dapat berjalan dengan benar.Untuk melakukan pengecekannya dalah sebagai berikut:
1.      Klik kanan padaMy Computer.
2.      PilihProperties.
3.      PilihTab Hardware.
4.      Klik padaDevice Manager 
5.      KlikNetwork Adapters di sana anda akan menemukan kartu NIC yangtelah terinstal. Apabila terdapat tanda Tanya ‘?’ di sebelah kirinya makakemungkinan drivernya tidak cocok dengan NIC yang telah dipasang.
6        Klik Modem, di sana anda akan menemukan kartu Modem yang telahterinstal. Apabila terdapat tanda Tanya ‘?’ di sebelah kirinya makakemungkinandriver  nya tidak cocok denganModemyang telahdipasang.modul selengkapnya Download.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar