Kamis, 20 Februari 2014

Instalasi Driver Hardware Jaringan


Instalasi Driver Hardware Jaringan

Langkah pertama untuk melakukan koneksi internet adalahmenginstalasi modem. Modem merupakan perangkat perantara antarakomputer anda dengan saluran telepon agar dapat berhubungan denganISP (Internet Service Provider - penyedia jasa internet) anda.
1.        Klik Start pilihSettings ,pilihControl Panel.Maka akan munculwindowControl Panel.
2.        Pada windows Control Panel , pilih icon Modemdan klik dua kalisehinga muncul windowInstal New Modem(bagi yang pernahmemasang modem sebelumnya makan akan tampil windowModemProperties.Bila anda ingin menambah driver modem baru, klikAdd)
Windows dapat melakukan deteksi otomatis terhadap perangkatmodem yang telah terpasang pada PC anda, tapi hal ini terbataspada modem yang telah dikenali olehWindows. Apabila andamemilih deteksi otomatis, maka kosongkan kotakDon’t detect mymodem, lalu tekanNext.Apabila anda memiliki modem jenis baru dan disertai file driver(dalam disket / CDROM), sebaiknya anda memilih deteksi manualsehingga dapat memanfaatkan feature terbaru dari modem tersebut(misal kemampuan support 56 kBps, fax, voice, dll). Untuk itu pilihkotakDon’t detect my modem, dan tekanNext.

3.        Pada menu selanjutnya ditampilkan daftar modem yang telahdikenali dan tersedia drivernya oleh Windows. Pilih type modemyang sesuai dengan modem anda, lalu tekanNext.Apabila anda tidak memiliki filedriver , maka anda dapat memilihtype Standard  Modem, misalnya dengan kecepatan 28800 bps, lalutekanNextlalu anda dapat langsung menuju ke langkah5.

Apabila anda memiliki file driver (disket / CDROM) yang disediakanpabrikan, maka pasang disket / CDROM tersebut, lalu tekan tombolHave Disk 

4.        Pada menu selanjutnya muncul windowInstall From Disk .Masukkan disket / CDROM yang berisi file driver modem anda, pilihdirive yang sesuai (A:\ atau pilih CDROM, lokasi lain menggunakanmenuBrowse).


5. Apabila file driver berhasil di ambil, maka akan muncul windowmengenai driver tersebut (pada contoh ini, driver modemnya V90 &K56Flex DATA-FAX-VOICE Modem, yang memiliki kemampuan s/d 56kBps). Pilih driver yang sesuai (bila lebih dari satu), selanjutnyatekanNext

6.        Setelah selesai, maka anda harus menentukan port komunikasi(COM) dimana modem tersebut terpasang. Sebagai contoh, dipilihport COM1 karena biasanya modem terpasang pada port tersebut(kecuali dipakai untuk media lain). Kemudian tekanNext.
Pada tahap ini bila dilakukan dengan benar, maka modem akanterpasang pada PC anda. KlikFinishuntuk mengakhiri setupmodem Anda. Untuk melakuan koneksi internet, anda harusmelakukan setting dial up untuk menentukan nomor telepon ISPyang menyediakan akses internet.Cara instalasi driver NIC (Network Interface Card) pada sisitemWindows,

ikuti langkah berikut:

1.Hidupkan komputer anda dan lihat layar.Windows, mendeteksi sebuah kartu baru diapasang, secara cepatmenampilkan New Hardware Found di layar dan menjalankanAdd New Hardware Wizard . Wizard ini membawa Anda melalui langkahpenginstalandriver.Kotak dialog pertama dariAdd New Hardware Wizard mengidentifikasiHardwarebaru yang baru saja dideteksi.
2.KlikNext 
3.Kotak dialog N ext  menanyakan apakah anda inginWindowsmencariperangkat baru atau apakah anda ingin memilih perangkat dari daftar.Pilih opsi pertama, Yes (Recommneded), lalu klikNext 
4.Pilih kotak cek di sebelah satu atau lebih opsi untuk mencari driver:Floppy Drive, CD-ROM, Microsoft Windows Update, dan spesificLocation.Pilih Floppy Disk jika NIC Anda disertai disket. Masukan disket padafloppy disk drive. Jika Anda memilih CD-ROM, masukan CD Windowsatau cd lain pada drive CD Anda. Jika Anda memilihMicrosoft Windows update, Anda harus memiliki koneksi internet aktif karenaopsi ini akan membuka situsWeb Windows Update. Jika andamemilih spesifik Location, Anda harus mengetikan path kedriver tersebut, seperti D:\WIN98.
5.Klik Next untuk membuat Wizard Mencaridriver yang sesuai.Kotak dialog wizard  selanjutnya menampilkan tempatdriver berada.
6.Klik Next, lalu klik Finish.Setelah driver diinstal,wizard akan menanyakan apakah anda inginme-restart komputer. Windows tak akan mengenalidriver secaratepat hingga Anda me-restartnya, jadi klik Yes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar